Rabu, 10 April 2013

Bagaimana Menjaga Kualitas Udara Agar tetap Bersih Part 4

Menjaga kualitas udara merupakan tanggung jawab kita semua. Udara yang bersih akan menciptakan generasi yang sehat dan sebaliknya udara yang kotor akan membangun generasi yang rentan akan penyakit.
Kualitas udara perkotaan di Indonesia menunjukkan kecenderungan menurun dalam dekade terakhir. Ekonomi kota yang tumbuh dan telah mendorong urbanisasi merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas udara di perkotaan.
Untuk mengetahui kualitas udara perkotaan yang bersumber dari transportasi maka untuk kedua kalinya dilaksanakan Program Evaluasi Udara Perkotaan pada tahun 2008 dan dilakukan di 14 kota Metropolitan dan 2 kota besar.
Pada tema ini dijelaskan hasil evaluasi Th. 2008 yang memuat pelaksanaan hasil pemantauan, evaluasi dan valuasi evaluasi kualitas udara perkotaan yang menggambarkan posisi kinerja pemerintah kota dalam pengelolaan kualitas udara dibandingkan dengan kota lainnya pada kategori yang sama. Peringkat ini disebut sebagai Peringkat Langit Biru Kota.
  
Kegiatan evaluasi udara perkotaan secara garis besar terdiri dari :
1.   Pengembangan kriteria dan indikator kinerja yang ditujukan untuk mencapai transportasi kota yang berwawasan lingkungan atau Sustainable Urban Transport City
2.      Pengembangan kriteria fisik dan non fisik sesuai perencanaan makro
3.      Pengembangan aplikasi database termasuk valuasi dari kriteria terpilih
4.      Penyelenggaraan sosialisasi dan asistensi teknis
5.      Evaluasi kinerja pengelolaan kualitas udara perkotaan melalui pemantauan fisik dan non fisik
6.      Publik ekspose terhadap hasil pemantauan
7.      Peningkatan kapasitas pemerintah daerah
8.      Promosi daerah untuk lebih berperan di tingkat internasional baik melalui EST Forum maupun kegiatan lainnya
9.      Penyelengaraan rapat koordinasi teknis dengan pemerintah kota
10.  Pemberian penghargaan
Program ini akan dilakukan secara berkala sehingga terlihat peningkatan maupun penurunan kinerja antar waktu dan tren kualitas udara dari tahun ke tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar