Sabtu, 23 Maret 2013

Sumber Daya Alam Berkelanjutan Part 1

     Pengelolaan sumber daya alam mengacu pada pengelolaan sumber daya alam seperti tanah , air , tanah , tumbuhan dan hewan , dengan fokus khusus pada bagaimana manajemen mempengaruhi kualitas hidup untuk kedua generasi sekarang dan mendatang ( pelayanan ).
    Pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan merupakan salah satu agenda yang di bahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio Jeneiro (Brasil) 1992, yang merumusukan tentang konservasi keanekaragaman hayati, perkembangan bioteknologi dan pengelolaan wilayah terpadu termasuk wilayah pesisir dan lautan.
Aspek ini diupayakan terhadap pelestarian dan perlindungan keanekaragaman biologi pada tingkat genetik, spesies dan ekosistem serta menjamin kekayaan alam, binatang dan tujuan di seluruh kepulauan indonesia. upaya-upaya pengelolaan sumber daya alam tidak hanya di arahkan pada kepentingan jangka pendek nasional yaitu meningkatkan devisa negara tetapi juga kepentingan jangka panjang dalam skala luas
       Pengelolaan sumber daya alam berkaitan dengan mengelola cara di mana orang-orang dan alam lanskap berinteraksi. Ini membawa bersama-sama perencanaan penggunaan lahan, pengelolaan air, konservasi keanekaragaman hayati , dan keberlanjutan masa depan industri seperti pertanian , pertambangan , pariwisata , perikanan , dan kehutanan . Ia mengakui bahwa orang-orang dan mata pencaharian mereka bergantung pada kesehatan dan produktivitas lanskap kita, dan tindakan mereka sebagai pengurus dari tanah memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan dan produktivitas.
[1] Pengelolaan sumber daya alam juga sebangun dengan konsep pembangunan berkelanjutan , sebuah prinsip ilmiah yang membentuk dasar untuk berkelanjutan pengelolaan lahan global dan tata kelola lingkungan untuk melestarikan dan melestarikan sumber daya alam. Pengelolaan sumber daya alam secara khusus berfokus pada pemahaman ilmiah dan teknis sumber daya dan ekologi dan pendukung kehidupan kapasitas sumber daya tersebut. [2] Manajemen lingkungan juga mirip dengan pengelolaan sumber daya alam. Dalam konteks akademik, sosiologi sumber daya alam yang erat terkait dengan, tetapi berbeda dari, pengelolaan sumber daya alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar